Lima Cara Mengaktifkan (Kembali) Google Adsense yang Diblokir

#IklanBawahJudul
#Iklan

Sebaiknya dikesampingkan dulu bila ada yang beranggapan Akun GA di Banned, tak bisa diaktifkan. (Ternyata) Google Adsence Bisa Aktif  Kembali ! 

Google%2BAdsence%2BTidak%2BDi%2BBanned%2Blagi

Ketika GA kena vonis Banned, sekian kali browsing banyak memberikan gambaran dan pernyataan jika akun GA yang disabled berarti Kiamat. *singkatnya demikian*. Ah, sekejam itukah? Apa iya tidak bisa AdSense yang di banned direhabilitasi? Berbagai pertanyaan dan rasa tak percaya membludak tiap kali browsing tentang kasus adsense yang di banned dan hasilnya bikin saya menciut.

Ahaaa....kini, Saya bisa berbagi pengalaman yang menggembirakan bahwa (Ternyata) Google Adsence Bisa Aktif  Kembali ! Dengan pedoman Nothng to lose untuk mengajukan APPEAL, 16 Pebruari 2016, akhirnya saya beranikan mengisi form banding yang mengendap di inbox email pemberitahuan banned per tanggal banned 18 September 2013 lalu. Dalam email respon terhadap banding, dinyatakan memerlukan waktu hingga satu minggu atau lebih untuk memprosesnya, tapi tanggal 22 pebruari 2016, saya sudah menerima email lagi yang berisikan pengajuan banding saya diterima:
Google%2BAdsence%2BBisa%2BAktif%2BKembali

Ternyata, tidak sampai hitungan 48 jam iklan Adsense sudah kembali menghiasi blog (saat saya buka blog tanggal 23 Pebruari). See, nothing impossible if we think (confidence) possible.

Siapa yang tidak tertarik untuk menayangkan fitur/iklan.widget yang bernama Google Adsence? Kali pertama saya mendaftarkan blog ini ke adsence, dijaman saya masih gagap SEO On page, SEO On Page dan segala jenis SEO lainnya. *emang ada berapa banyak SEO ya?*. Saat mendaftar, demi memenuhi rasa penasaran pas tahu ada jenis iklan kok spertinya terlihat ghayyya pas tampil di blog, ya saya ikut-ikutan daftar. Singkat cerita, pendaftaran saya di eprup sekitar medio 2012, Kronologis berikutnya, saya menerima post card cinta dari Google. Surpriseeee… 

Tak lama setelah dapat kartu pos, saya KEPO dong pengen tahu seberapa sih dollar yang terkumpul, sehingga sudah diberikan postcard. Jreng, jereeennng… hasil pengintipan menunjukkan perolehan dari Ikaln Adsence, yakni sekitar $30. Iya sih masih jauh dari PO (pay out). No problem, yang penting happy.

Singkat cerita, belum genap setahun berjalan sejak dapat post card dari google, eeeeaaaa….18 Sepetember 2013 saya kok ya dapat email dengan judul fenomenal “Your Adsense Account has been Disabled". 
Penyebab%2BAdsense%2Bdi%2BBanned
Kaget, ya iyalah tapi lebih dominan pada bingung, “ Kok bisa akun Adsense di banned?”. Dari klausul “In your case, we have detected invalid activity on your site and your account has been disabled”, Dalam email pemberitahuan tentang Banned, biasanya disertakan beberapa link sebagai bahan tinjauan dan sebuah form untuk mengajukan banding. Saya pun coba klak-klik tautan yang disertakan, sambil menyruput jus apel dari TUMBLER agar tetap cool, calm and confidence menyeimak isi email yang berisikan penjelasan sebab musabab dijatuhkannya VONIS BANNED tersebut. Ada dua penyebab (umumnya) kenapa AdSense di banned atau dinonaktifkan yaitu: karena aktivitas tidak valid dan karena alasan kebijakan.
akun%2BAdSense%2Bdinonaktifkan%2Badalah%2Bkarena%2Balasan%2Bkebijakan

penyebab%2Bakun%2BAdSense%2Bdinonaktifkan%2Badalah%2Bkarena%2Baktivitas%2Btidak%2Bvalid
Sementara dalam email yang saya terima, disertakan juga opsi untuk mengajukan banding (APPEAL), saya klik dan mencermati semua pertanyaan-pertanyaan yang dipaparkan. Oaalaahhh, (saat itu) saya terjebak dalam syndrome “kesulitan” untuk menjawabnya. Sharing dengan beberapa teman dan searching tentang mekanisme untuk memperbaiki status Banned, yang rata-rata menyarankan untuk melakukan penelusuran INVALID ACTIVITY yang terjadi pada blog saya, then do repair it. Saya yang lugu dan polos pun mengalami kebingungan: bagaimana menelusuri Invalid Activity? 

Akhirnya, saya urungkan mengisi form APPEAL dan memilih, lanjutkan ngeBlog. Akun AdSense Disable tidak berarti aktifitas ngeBlog kiamat kan? Ada satu keyakinan yang kuat, bahwa suatu saat nanti Akun Adsense masih bisa diaktifkan kembali. Masak sih, Tim Google tidak bisa melihat secara lebih comprehensive terhadap suatu site/blog yang sehat dan tidak sehat. Saya yakin, it’s just temporer. It’s just need time and what I need is keep move ON. Artinya, saya meyakini saja REHABILITASI  blog itu masih sangat mungkin. *cieee….istilahnya keren buk, REHABILITASI NAMA BAIK BLOG*

AdSense Disable Now What? Apa saja yang bisa dilakukan agar status Banned bisa di Rehabilitasi atau Aktif kembali?

Walaupun hasil browosing lebih banyak menghadapkan saya statement bahwa jika stattus “Your Adsense Account has been Disabled” artinya kiamat karena kecil kemungkinan akan bisa diaktifkan meski kita telah mengajukan banding. Seperti yang saya bilang di atas, ngeBLOG keep must Go On. 
IDEALNYA mencari sumber Invalid Activity, Find and fix it. Mencari dan menemukan invalid activity tak hanya butuh kesabaran tapi juga waktu serta konsentrasi full *menurut saya*, jadi secara straight saya tidak melakukan aksi Find and Fix the source of invalid activity yang didakwakan seperti tercantum dalam email yang saya terima. 

Adsense disable how to get it back? Jika ditanya apa lagi yang bisa dilakukan hingga (akhirnya) akun adsense aktif kembali? Secara explisit, tak ada hal spesifik yang saya lakukan terkalit tindakan investigasi terhadap Invalid Activity, tapi saya lebih concern untuk:
  • Tetap rajin posting dengan content yang tidak berbau negatif, tidak sara dan saru serta seperti biasanya gegayaan kita nulis, be better as your self maksudnya. 
  • Sebisa mungkin keep blogwalking, yang memiliki kontribusi significant untuk investasi link external terhadap blog kita. Walaupun ritme BW lagi parah, saya tetap usahakan bisa blogwalking meski secara random, yang artinya tidak semua yang telah berbaik hati meninggalkan jejak comment bisa saya kunjungin secara one by one. Mohon maaf ya? I wish I could fly…eh, I wish I could Blogwalking one by one.
  • Ganti Template. Modus ganti template yang saya lakukan, pada awalnya lebih didasarkan pada keinginan untuk memiliki penampilan fresh saja sih. Terhitung, template yang terpasang saat merupakan penggantian yang ke-4 semenjak kena Banned. Kok bisa sampai sesering itu? Panjang ceritanya, yang jelas memang baru Klik dengan template yang sekarang tapi header masih kosong sey. Hehehehe. Dan ternyata, ganti template juga direkomendasikan (asal tidak terlalu sering). Hasil ngobrol sama Mak Carra saat acara Arisan Ilmu, menurut beliau *kurang lebih*, begini: kebanyakan template yang kita gunakan kan template gratis yang di modifikasi kan ya? Nah, kita tak pernah tahu bilamana si template gratisan tersebut sudah di take down oleh empunya (Embah Google). Amannya, ya kita sebaiknya pakai template yang tidak gratis *NOTED*
  • BERANIKAN diri UNTUK MENGAJUKAN BANDING ! Dengan tetap aktif negblog, blogwalking dan dilengkapi dengan ganti template, menurut saya lambat laun bisa mematahkan data-data negatif (yang dulunya menjadi dasar vonis banned) yang masuk ke mesin penilaian Google. Sebagai saran, jika mengajukan banding, sebaiknya jangan tergesa-gesa karena (menurut keterangan yang ada di email notifikasi dari Tim Google AdSense), bila sudah pernah mengajukan banding terhadap sebuah akun/site, Anda kemungkinan tidak akan menerima tanggapan atas keberatan yang diajukan berikutnya (sekarang maupun mendatang).
  • Setelah akun AdSense aktif kembali, tentunya kita harus lebih aware dan awake untuk perduli pada langkah-langkah antisipasi guna mencegah aktivitas tidak valid di masa mendatang seperti tertera di bawah ini:
Langkah%2Buntuk%2Bmencegah%2Baktivitas%2Btidak%2Bvalid
Saya tidak bisa menyebutkan dengan jumawa salah satu faktor yang dominan, tapi lebih yakin bahwa ketiga langkah di atas sebagian yang bisa dilakukan untuk memperjuangkan REHABILITASI status Banned. Kondisi Akun di banned masing-masing orang tentu berbeda sebab, unjuk pengalaman pun tentu akan berbeda. Begitu pula lika-liku perjuangannya.

Kalau versi saya, keep in mind: Don’t worry be Happy, stay turn on blogging as weel. Ada atau tidak ada AdSense itu semacam gugus alkil dalam suatu deret Carbon. Jika akhirnya satu gugus menghilang, tentu tak akan menggoyahkan rantai utama sebuah senyawa carbon kan? Artinya, kembali saja pada asas awal kenapa dan untuk apa kita ngeBLOG. Hal-hal lain di luar Blog, seperti adsense, afiliasi, job riview dan something simililar adalah perona dan aksesoris yang tak akan menggoyahkan fundamental dalam ngeBLOG. 
Form%2BIsian%2BAPPEAL%2BAdsense%2Bdi%2BBanded
FYI: bila ada yang bertanya seperti apa isian Form APPEAL yang telah saya kirimkan
Dan berikut ini beberapa source/link untuk kenal lebih akrab dengan apa dan bagaimana sih Google AdSense, cekidot saja:  

Adakah diantara Anda yang punya pengalaman Google AdSense di Banned? 
Dan sukses dalam waktu yang relatif singkat memulihkan status hingga aktif kembali? 
Akan sangat menarik bilamana berkenan di share juga. 
Karena berbagi itu tanpa TAPI
HALAMAN SELANJUTNYA:

#Iklan

#Iklan
#Iklan
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
close