Cara memperbaiki Monitor Mati sedangkan CPU hidup

#IklanBawahJudul
#Iklan

Cara memperbaiki Monitor Mati sedangkan CPU hidup

Ketika kita akan menghidupkan computer/pc kita. Permasalahan yang sering terjadi bisa saja dari sisi cpu nya maupun monitornya, Yang tiba-tiba saja tidak bereaksi (error). Contoh dari permasalahan yang sering terjadi.
ketika kita akan menekan tombol power cpu atau monitornya, tiba-tiba saja tombol power cpu tidak bereaksi, sama hal nya dengan tombol power monitor itu tersendiri. Tetapi jika cpu dalam keadaan baik-baik saja, tetapi monitor dalam keadaan error.
Mari kita lihat permasalahan yang terjadi pada beberapa komponen-komponen hardware pada permasalahan monitor mati dan cpu dalam keadaan hidup:
Contoh pada gambar di bawah ini
search: exnim.com
search: exnim.com
Pada gambar di atas memperlihatkan bahwa monitor dapat di hidupkan, tetapi ada pesan peringatan (No Signal). Hal ini sering terjadi pada para pengguna (user).
Bahwasannya kita harus ingat,bahwa monitor merupakan sebuah perangkat untuk menampilkan output dari suatu aktivitas yang di proses pada cpu, apabila terjadi permaslahan pada salah satu hardware di cpu, maka output/hasil aktivitas yang di proses cpu tidak dapat di lihat dilayar monitor.
Komputer memiliki berbagai macam komponen hardware yang ada pada di cpu, jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen hardware pada di cpu, maka computer  tidak akan bekerja denga baik, dan layar monitor dapat tiba-tiba blank maupun error.
Kita dapat mencari/mengecheck penyebab pasti monitor tidak merespon aktivitas pada cpu, dan kita dapat melakukan langkah-langkah pengecheckan pada komponen hardware di cpu.
  1. RAM (Random Access Memory)


search: pintarkomputer.com
search: pintarkomputer.com

Komputer hidup  tetapi tidak di respon oleh monitor, masalah yang terjadi tidak hanya dari RAM nya saja yang mungkin sudah rusak, mungkin saja RAM dalam keadaan berdebu. Cara yang dapat di lakukan:
  • Cabut RAM dari slotnya.
  • Kemudian bersihkan dengan kuas kecil yang bersih, ataupun tisu.
  • Lalu pasangkan kembali RAM pada slotnya.
Apabila tidak ada perubahan yang terjadi pada RAM, maka cobalah meminjam RAM computer  teman anda (memastikan RAM anda dalam keadaan rusak atau tidak). Masalah yang terjadi pada RAM yang sudah rusak (CPU akan mengeluarkan bunyi beep panjang atau bunyi beep secara berulang-ulang pada saat anda akan menghidupkan cpu).
  1. VGA (Video Graphic Audio)


search:dunovteck.wordpress.com
search:dunovteck.wordpress.com

kartu grafis atau VGA juga dapat menjadi penyebabnya monitor tidak bereaksi dengan baik. Pastikan VGA masih dapat di gunakan karena dalam keadaan baik, jika VGA tidak rusak, sama hal nya pada RAM. VGA harus sering di bersihkan karena banyaknya debu yang menempel pada VGA tersebut.
  1. Baterai CMOS


search: xc ode.or.id
search: xc ode.or.id
Baterai CMOS atau juga dapat di sebut baterai motherboard, dapat menyebabkan monitor tidak merespon dan cpu dalam keadaan baik. Mungkin saja Baterai CMOS harus di ganti. Dan kemungkinan Baterai CMOS memang jarang menjadi penyebeb permasalahan ini. Tetapi anda harus melakukan pengecheckan pada komponen hardware yang satu ini.
  1. Processor



search: home bt.com
search: home bt.com

CPU dalam keadaan hidup dan tidak memunculkan apa-apa pada layar monitor juga dapat di sebabkan oleh processor. Sama seperti komponen-komponen hardware lainnya pada di CPU. Processor tidak rusak, tetapi dapat juga di karenekan oleh debu atau pemasangan yang tidak sempurna. Pastikan semua komponen-komponen hardware di pasang dengan baik.kita lihat dari indikator processor yang rusak, yaitu processor dalam keadaan dingin, walaupun CPU sudah menyala selama beberapa menit.
  1. Kipas atau FAN


search: dkmodding.blogspot.com
search: dkmodding.blogspot.com

Jika kipas atau FAN bekerja dalam keadaan normal. Maka kita dapat melihat posisi FAN pada saat anda memasangnya, jika pemasangan FAN tdak di pasangkan dengan baik, maka dapat menyebabkan CPU hidup tetapi tidak di respon oleh monitor.
  1. Kabel Konektor

search: www.patartambunan.com


Check kabel Konektor CPU ke monitor, apakah terpasang dengan baik atau tidak?. Patikan kabel konektor tidak dalam keadaan longgar. Dan cobalah periksa kondisi kabel, apakah ada bagian yang agak koyak?.  Apabila ada bagian kabel yang koyak, segeralah ganti kabel konektornya.
Dari pembahasan di atas semoga saja dapat bermanfaat untuk kalian semua, dan selamat mencoba ya.

HALAMAN SELANJUTNYA:

#Iklan

#Iklan
#Iklan
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
close