Penyebab Masalah CD Rom Dan Solusi Terbaiknya

#IklanBawahJudul
#Iklan

Penyebab Masalah CD Rom Dan Solusi Terbaiknya

 Ketahuilah penyebab utama masalah yang ditemui pada CD Rom serta temukan solusinya sebelum kita memutuskan membawa CD Rom ke tempat servis komputer. Setelah kita mengetahui penyebab utama CD Rom tidak bisa berjalan normal, mungkin masalahnya sepele saja. Dan tentunya kita sendiri harus bisa cara membaikinya penyebab tersebut. Hal ini akan menghemat pengeluaran kita daripada harus sedikit-sedikit bawa ke tempat servis. Disini saya akan mencoba menerangkan berbagai masalah yang sering terjadi yang mengakibatkan CD Rom tidak bisa menjalankan CD.

Ketahui juga apa sih CD Rom itu? CD Rom adalah Compact Disc Read Only Memory artinya kemampuan CD Rom adalah untuk membaca CD (Compact Disc). Dengan CD Rom kita bisa memutar atau menjalankan data yang tersimpan di dalam CD. Data tersebut bermacam-macam, bisa data video, audio/mp3, data program komputer, dan masih banyak lagi. Selain CD Rom ada juga CD RW (Compact Disc Re-Write). Kemampuan CD RW ini selain mampu membaca CD bisa juga digunakan untuk menyimpan data kedalam CD menggunakan CD RW. Istilah lainnya kita bisa backup data (burning) kedalam CD menggunakan CD RW ini.
Karena teknologi semakin berkembang pesat setelah adanya DVD, maka CD Rom sudah jarang digunakan. Kenapa? Karena kalau CD hanya bisa menampung data hingga 700 MB saja. Sedangkan DVD (Digital Video Disc) mampu menampung data hingga 4,7 GB. Maka dari itu lahirnya DVD Rom untuk menjalankan DVD. Kemudian DVD Rom ini selain bisa menjalankan DVD, mampu juga menjalankan CD. Seperti halnya CD Rom, DVD Rom juga hanya mampu untuk memutar atau menjalankan data yang terdapat dalam CD/DVD saja. Kalau kita ingin melakukan backup data (burning) DVD maka harus menggunakan DVD RW.

Berikut Penyebab Masalah CD Rom Yang Biasa Terjadi Dan Selosinya

Masalah umum yang sering terjadi pada CD Rom terkadang terletak bukan pada CD Rom. Namun rata-rata biang keladinya adalah terdapat pada CD atau DVD. Untuk memastikan apakah CD Rom/RW atau DVD Rom/RW sudah terkoneksi dengan benar maka silakan cek pada komputer Anda. Caranya bisa dari My Computer atau dari Start klik kanan pilih Windows Explorer. Jika CD Rom/DVD Rom sudah terhubung dengan benar maka akan terlihat status disk terletak diakhir drive komputer Anda. Namun jika sebaliknya, artinya status disk kosong maka segera cek kabel data serta kabel power yang menghungkan CD Rom/DVD Rom pada motherboard CPU. Mungkin saja konektor pin kabel data/power ada yang rusak. Untuk memastikannya silakan coba ganti dengan kabel lain.
Kemudian jika CD Rom atau Hardisk yang Anda gunakan adalah jenis ATA, bisa saja Anda salah mengatur jumper. Karena agar CD Rom dan Hardisk tidak berbenturan pengaturan, setting jumper jangan sampai sama antara setting primary dan master. Coba cek jumper yang terpasang di CD Rom dan Hardisk. Jika CD Rom menggunakan setting primary, maka Hardisk setting dengan master.
Biasanya jika CD Rom/DVD Rom dapat bekerja dengan normal akan ditandai dengan menyalanya LED yang terdapat didepan CD Rom/DVD Rom. Jika CD/DVD dimasukkan, maka LED ini akan menyala beberapa kali. Namun jika LED tidak menyala juga bukan berarti CD Rom/DVD Rom rusak. Karena bisa saja lampu LED tersebutlah yang sudah rusak.
Ok jika beberapa penyebab masalah diatas sudah diatasi dan memang bukan CD Rom/DVD Rom yang rusak, maka besar kemungkinan masalahnya terletak pada kepingan CD/DVD. Maka dari itu mari kita coba bahas satu-persatu beberapa masalah yang biasa terjadi pada CD/DVD.
  1. Kemungkinan kecil/sepele tapi bisa berakibat fatal adalah kita salah memasukkan CD/DVD. Hal ini bisa saja terjadi jika kita terlalu terburu-buru dalam memasukkan CD/DVD kedalam CD Rom/DVD Rom. Untuk itu coba cek kembali, karena memang bagian cetakan CD/DVD (Label) harus berada diposisi atas. Khusus untuk laptop/notebook maka ketika kita memasukkan CD/DVD harus menekan drive tray dengan benar. Jika sudah pas biasanya akan berbunyi “klik”.
  2. Cek CD/DVD yang kita masukkan, apakah CD/DVD tersebut bersih terbebas dari debu atau kotoran yang menempel? Karena jika CD/DVD kotor maka ini bisa menjadikan masalah tidak terbacanya CD/DVD. Coba bersihkan CD/DVD dengan khusus pembersihnya. Jika tidak ada, gunakan saja kain bersih tapi lembut seperti kertas tisu. Kemudian usahakan juga permukaan CD/DVD jangan sampai ada goresan. Permukaan yang tergores akan menggangu mekanisme pembacaan CD/DVD.
  3. Jika semua solusi diatas sudah dipraktekkan, namun tetap saja CD/DVD tidak dapat berjalan normal, maka kemungkinan akhir penyebab masalah utamanya terletak pada CD Rom/DVD Rom (Hardware). Maka untuk menangani masalah yang satu ini, kita harus mempunyai keahlian khusus dalam bidangnya. Kecuali kalau kita ingin mencoba untuk belajar memperbaikinya berdasarkan ilmu yang didapat dari berbagai sumber. Insya Allah dilain kesempatan saya akan coba menerangkan kemungkinan penyebab dan solusi untuk memperbaiki permasalahan dalam hardware CD Rom/DVD Rom.
  4. Gambar terkait
HALAMAN SELANJUTNYA:

#Iklan

#Iklan
#Iklan
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
close